UN Seperti Toefl


Ujian nasional tahun 2017 di hapuskan/ UN dilakukan Seperti Toefl

Ujian nasional (UN) di berlakukan mulai tahun 2003 dengan diterbitkannya UUD Nomor 20 tahun 2003. Dalam perjalananya UN menjadi momok bagi para siswa, hal ini dikarenakan kelulusan siswa hanya ditentukan dari nilai UN. Seiring berjalannya waktu ujian Nasional banyak di revisi baik dari segi pelaksanaan ataupun kebijakannya. Sebagai contoh Ujian Nasional dalam beberapa tahun belakangan ini bukan lagi sebagai syarat kelulusan siswa, walaupun demikian tetap saja Ujian Nasional menjadi hal yang ditakuti oleh para siswa dan guru.

Kajian mengenai Ujian nasional telah dilakukan baik oleh lembaga resmi pemerintah ataupun pihak lain seperti pihak akademisi dan lembaga no pemerintah. Penelitian tersebut banyak menghasilkan temuan berupa tidak adanya korelasi antara nilai Ujian Nasional dengan kemampuan siswa ketika masuk perguruan tinggi. Disisi lain salah satu kebijakan UN adalah sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi atau Universitas, tetapi survey membuktikan bahwa dari total semua siswa SMA di Indonesia hanya 20% yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ( Perguruan tinggi/ Universitas). Sehingga dapat kita simpulkan bahwa 80% siswa yang tidak melanjutkan pendidikan sebenarnya tidak memerlukan Ujian Nasional.

Dari beberapa kajian dan hasil penelitian tersebut pemerintah berusaha untuk memperbaiki kebijakan Ujian Nasional. kebijakan yang akan dibuat pemerintah terkait UN adalah dengan menghentikan atau menghapus Ujian Nasional. penghapusan ini bukan berarti UN ditiadakan secara total akan tetapi pelaksanaan UN bukan lagi sebagai keharusan semua siswa untuk mengikutinya dalam waktu yang bersamaan. UN tetap menjadi syarat bagi siswa untuk masuk ke perguruan tinggi atau universitas. Kedepannya Siswa tidak memiliki kewajiban untuk mengikuti Ujian Nasional secara serentak akan tetapi diperbolehkan mengikuti ujian Nasional jika diperlukan. Dengan kata lain UN saat ini kedudukannya mirip seperti Toefl yakni sebagai syarat wajib bagi siswa untuk dapat masuk kejenjang yang lebih tinggi.

Tulisan ini hanya membahas dampak UN untuk jenjang SMA, lalu bagai mana dampak perubahan kebijakan UN untuk tingkat SD atau SMP, siapa lembaga yang akan melaksanakan UN?  Untuk mengkaji  hal hal tersebut itu mari kita berdiskusi dalam kolam komentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s